Rabu, 22 Desember 2010

Serunya Nge-Online Shop


Kemajuan teknologi semakin canggih saat ini. Teknologi tersebut memberi banyak kemudahan untuk melakukan kita berkoneksi dengan dunia luar. Semua serba canggih dan segala sesuatunya bisa dibuat jadi sangat mudah, nyaman dan cepat dengan bantuan koneksi internet. Salah satunya adalah belanja secara online, kalau dulu proses belanja mengharuskan kita keluar dari rumah untuk memilih dan membeli barang yang kita suka, adanya pertemuan antara penjual dan pembeli serta interaksi tawarmenawar. Namun saat ini dengan bantuan internet kalian sudah bisa datang ke banyak toko didunia maya yang menawarkan produk mereka dan kalian bisa menikmati belanja online yang sangat mudah tanpa harus meninggalkan rumah, amazing bukan ?!
Sejarah perkembangan online shop pertama kali pada tahun 1990. Oleh Tim Berners Lee yang menciptakan server dan browser World Wide Web yang kita kenal dengan istilah WWW. Ditahun 1991, www telah digunakan secara komersil oleh masyarakat luas. Ditahun 1994 perkembangan service secara online mulai meningkat dengan diluncurkannya service online banking dan pembukaan toko pizza online pertama kali oleh Pizza Hut. Pada tahun yang sama Netscape, salah satu browser yang hit saat itu berhasil mengenalkan SSL (Secure Socket Layer) encryption untuk transfer data secara online yang menjadi bagian yang sangat penting untuk mengamankan proses belanja online. Tonggak dari belanja online adalah muculnya eBay ditahun 1996 yang menjadi salah satu tempat paling besar bagi para penjual dan pembeli online untuk melakukan transaksi.
Berbelanja secara online tentunya membutuhkan kejelian kita sebagai customer. Kita harus benar-benar memastikan kalau kita berbelanja di tempat yang tepat. Tentu saja, berbelanja secara online seperti “membeli kucing dalam karung”, kita hanya melihat gambar tanpa mengetahui fisik sebenarnya barang yang kita inginkan. Jadi kalau kita banyak bertanya, itu hal yang sangat wajar. Mengenai harga berbelanja secara online memberikan keuntungan dan kerugian, misalnya ada barang yang kita inginkan, ternyata kita mendapat harga yang lebih murah, hal tersebut dapat terjadi ketika online shopnya berada dekat dengan tempat produksi atau ternyata barang yang kita inginkan adalah BM (Blackmarket). Namun kita juga dapat mendapat barang yang kita inginkan dengan harga mahal kalau kita tidak benar-benar hunting harga (membandingkan harga antara beberapa onlineshop).
Untuk itu, ini ada beberapa tips dalam berbelanja Online :

1. Bertanyalah sejelas mungkin, baik mengenai barang yang akan di beli juga mengenai identitas online shop (nomer telpon sangat penting).
2. Sangat Penting untuk membaca komentar-komentar dari pembaca.
3. Pastikan situs tersebut dapat dipercaya atau direkomendasikan dari orang yang dapat anda percaya. Caranya bisa dengan Googling mengenai dengan kata kunci situs atau nama toko tersebut.
4. Gunakan fasilitas Rekening Bersama bila diperlukan, situs-situs Online Shop terpercaya biasanya menyediakan Rekening Bersama.
5. Periksa bila ada Bukti Pengiriman yang disediakan oleh situs tersebut, terus cek no. resi pengiriman dan bandingkan setiap bukti pengiriman. Setiap bukti pengiriman seharusnya berasal dari daerah yang sama. Bukti pengiriman dapat dilacak langsung ke situs jasa pengiriman barang seperti Tiki, atau JNE.

Nah, itu adalah beberapa tips yang bisa dijadikan acuan sebelum kalian melakukan belanja secara online shop. Gak mau kecewakan kalau barang yang sangat kita inginkan ternyata tidak sesuai keinginan kita.Selamat berbelanja ...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar