Kamis, 30 Desember 2010

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Saat ini seluruh warga Indonesia sedang membicarakan Piala AFF SUZUKI CUP 2010. Timnas Indonesia bermain sangat gemilang, dan dapat dipastikan pada setiap pertandingan Timnas Indonesia mampu membuat gol. Memang benar, ada yang berbeda pada skuad Timnas Indonesia kali ini. Beberapa pemain naturalisasi menjadi sorotan banyak orang.
Yaitu Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales adalah pemain naturalisasi yang saat ini sedang membela Timnas Indonesia. Mereka berdua ternyata bukan pemain asing, Irfan Bachdim adalah pemain di Persema Malang dan Cristian Gonzales adalah pemain Persib Bandung. Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales adalah pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Yang permainannya cukup memukau saat pertandingan dengan Malysia dan Filipina kemaren.
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang dimaksud adalah me-WNI kan warga keturunan atau yang memiliki darah Indonesia agar bisa memperkuat timnas. Warga keturunan yang dimaksud bisa memiliki darah dari ibu atau bapak. Biasanya warga keturunan tersebut hidup atau tinggal di luar negeri di negara asal salah satu orang tua, ibu atau bapak.
Tujuan adanya naturalisasi pemanin Timnas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan timnas, selain memaksimalkan pembinaan pemain muda. Dengan demikian diharapkan timnas di masa depan mampu bersaing dan berprestasi di tingkat regional maupun internasional, begitu tutur Pemerintah melalui PSSI dan Menteri Olah Raga.
Di luar negeri naturalisasi bukanlah hal aneh. Banyak sekali pemain yang memilih membela negara asal keturunannya dan meninggalkan negara tempat dimana dia dilahirkan. Satu contoh Kevin-Prince Boateng, pemain yang lahir di Jerman ini lebih memilih membela Ghana dari pada tanah kelahirannya.
Christian Gonzales memulai karirnya di Indonesia pada tahun 2003 silam. Klub labuhan pertamanya di Indonesia adalah PSM Makassar, dan sekarang bersama Persib Bandung. Disamping ketajamannya sebagai penyerang, Christian Gonzalez dikenal dengan sikapnya yang tempramental. Sejak pertama kali merumput di Indonesia tahun 2003, dia sudah mendapat hukuman dari Komisi Disiplin PSSI sebanyak lima kali karena perilaku kekerasan terhadap lawan dan pelecehan terhadap wasit. Christian Gonzales resmi menjadi Warga Negara Indonesia dan pada tanggal 21 november ia melakukan debut perdananya bersama timnas sepakbola Indonesia. Kini ia termasuk satu dari 22 pemain yang dipanggil pelatih Alfred Riedl untuk membela timnas Indonesia di ajang AFF Cup. Gol pertama El Loco di ajang resmi adalah ketika Indonesia melibas Malaysia pada ajang piala AFF 4 Desember silam. Pada pertandingan-pertandingan berikutnya, ia kerap menciptakan peluang bagi Indonesia. El Loco mengaku bahagia mengenakan jersey Merah-Putih. Ia ingin bermain membela Indonesia sampai umur 40 tahun.
Selain Gonzales, pemain keturunan lainnya yaitu Irfan Bachdim yang kini merumput bagi Persema Malang. Irfan sendiri sebelum bermain di ISL ia berkutat di kompetisi sepakbola di Belanda. Punya olah bola mumpuni, main di timnas dan dianugerahi wajah rupawan adalah tiga aspek yang kini dimiliki Irfan Bachdim. Tak heran kalau penyerang baru timnas Indonesia itu sudah menuai puja-puji dan mencuri hati banyak orang. Selain itu, penampilan cemerlang di lapangan juga berimbas ke dunia maya. Di situs mikro blogging Twitter, misalnya, di mana Irfan sempat menjadi trending topic worldwide. Itu terjadi mulai babak kedua hingga sekitar satu jam usai pertandingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar