Rabu, 20 Oktober 2010

Love Ourself with Funbike



Di zaman modern ini, rasanya kita telah banyak dimudahkan oleh teknologi. Baik yang menunjang lifestyle hingga untuk urusan kesehatan. Beberapa pilihan yang ada memang mempermudah hidup kita. Seperti penemuan fast food yang dalam beberapa menit saja kita dapat menyantap makanan, semakin bertambah banyak orang berkeinginan memiliki kendaraan pribadi dengan emisi karbon yang tentu saja menambah daftar polusi udara. Semua usaha yang kita dilakukan untuk memperkaya diri atau membuat nyaman diri sendiri ternyata berdampak buruk. Isu mengenai global warming bukan lagi isapan jempol, hampir dimanapun banyak orang menyerukan hal tersebut.
Menyadari hal tersebut, sekarang juga kita mulai mencari cara untuk mengurangi kerusakan bumi, dari hal terkecil namun kadang susah dilakukan yaitu membuang sampah pada tempatnya, selain itu adalah dengan mengubah cara berkendara. Kita mulai berpikir untuk tidak menggunakan kendaraan yang mengeluarkan emisi. Bersepeda adalah salah satu alternatif yang dipilih sebagian orang. Dimana saat ini sepeda dibuat semakin praktis, bisa dilipat.
Memang, bersepeda secara rutin tidak akan membuat kita berpergian lebih cepat dari kendaraan bermotor atau mobil, namun bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar. Dengan bersepeda tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang di bandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam erobic dan lebih mengasikan. Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat. Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.
Bagi kita yang memiliki masalah dengan berat badan, bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energy kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi semisal coklat. Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Selain itu juga bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan. Jika tidak perlu kuatir dengan polusi udara yang disebabkan lalulintas kendaraan, hasil penelitian menyebutkan orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi udara dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak.


Saat ini, kesadaran akan bersepeda selain menjaga kesehatan dan mengurangi polusi udara, adalah bersepeda telah menjadi trend baru. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya banyak komunitas penyuka sepeda di berbagai daerah. Bukan lagi hanya komunitas sepeda onthel dengan memakai baju safari khas jaman dulu, namun sekarang ini lebih banyak lagi komunitas- komunitas bersepeda, misalnya komunitas sepeda gunung, komunitas sepeda lipat, komunitas sepeda BMX, dll. Hobby bersepeda menjadikan banyak manfaat bagi diri sendiri juga bagi lingkungan. Bersepeda tentu tidak dilakukan saat terik matahari, itu malah akan membuat masalah baru yaitu kerusakan kulit. Bersepeda dapat dilakukan pada pagi hari dihari libur, atau malam hari keliling kompleks rumah, buat kegiatan bersepeda menjadi menyenangkan. Juga perlu diingat akan keselamatan diri, jadi saat kita bersepeda jangan lupa menggunakan helm sepeda untuk kenyamanan diri. So its time to love ourself with fun bike .. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar