Rabu, 20 Oktober 2010

Love Ourself with Funbike



Di zaman modern ini, rasanya kita telah banyak dimudahkan oleh teknologi. Baik yang menunjang lifestyle hingga untuk urusan kesehatan. Beberapa pilihan yang ada memang mempermudah hidup kita. Seperti penemuan fast food yang dalam beberapa menit saja kita dapat menyantap makanan, semakin bertambah banyak orang berkeinginan memiliki kendaraan pribadi dengan emisi karbon yang tentu saja menambah daftar polusi udara. Semua usaha yang kita dilakukan untuk memperkaya diri atau membuat nyaman diri sendiri ternyata berdampak buruk. Isu mengenai global warming bukan lagi isapan jempol, hampir dimanapun banyak orang menyerukan hal tersebut.
Menyadari hal tersebut, sekarang juga kita mulai mencari cara untuk mengurangi kerusakan bumi, dari hal terkecil namun kadang susah dilakukan yaitu membuang sampah pada tempatnya, selain itu adalah dengan mengubah cara berkendara. Kita mulai berpikir untuk tidak menggunakan kendaraan yang mengeluarkan emisi. Bersepeda adalah salah satu alternatif yang dipilih sebagian orang. Dimana saat ini sepeda dibuat semakin praktis, bisa dilipat.
Memang, bersepeda secara rutin tidak akan membuat kita berpergian lebih cepat dari kendaraan bermotor atau mobil, namun bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar. Dengan bersepeda tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang di bandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam erobic dan lebih mengasikan. Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat. Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.
Bagi kita yang memiliki masalah dengan berat badan, bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energy kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi semisal coklat. Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Selain itu juga bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan. Jika tidak perlu kuatir dengan polusi udara yang disebabkan lalulintas kendaraan, hasil penelitian menyebutkan orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi udara dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak.


Saat ini, kesadaran akan bersepeda selain menjaga kesehatan dan mengurangi polusi udara, adalah bersepeda telah menjadi trend baru. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya banyak komunitas penyuka sepeda di berbagai daerah. Bukan lagi hanya komunitas sepeda onthel dengan memakai baju safari khas jaman dulu, namun sekarang ini lebih banyak lagi komunitas- komunitas bersepeda, misalnya komunitas sepeda gunung, komunitas sepeda lipat, komunitas sepeda BMX, dll. Hobby bersepeda menjadikan banyak manfaat bagi diri sendiri juga bagi lingkungan. Bersepeda tentu tidak dilakukan saat terik matahari, itu malah akan membuat masalah baru yaitu kerusakan kulit. Bersepeda dapat dilakukan pada pagi hari dihari libur, atau malam hari keliling kompleks rumah, buat kegiatan bersepeda menjadi menyenangkan. Juga perlu diingat akan keselamatan diri, jadi saat kita bersepeda jangan lupa menggunakan helm sepeda untuk kenyamanan diri. So its time to love ourself with fun bike .. 

Perkembangan Game Online Indonesia

Siapapun orangnya semua suka bermain game, saat waktu senggang banyak orang demi membunuh waktunya dengan bermain game. Game dalam artian bahasa indonesia adalah permainan. Namun itu dulu, fenomena terbaru bahwa game bisa merupakan suatu kebutuhan. Dimana untuk bermain game seseorang benar-benar meluangkan waktunya.
Sewaktu kita kecil dulu kita bermain main game tradisional, seperti misalnya patok lele, petak umpet trus masih banyak game game lainnya tapi kenapa permainan seperti itu sudah sangat jarang sekali kita temukan di kota kota malah sekarang yang menjamur game game seperti game Online Game Game yang merusak masa depan apabila tidak dikondisikan dengan benar oleh usernya.
Game telah menjadi mainan universal. Mulai dari balita, anak muda sampai dengan orang dewasa pun sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya game. Dan inilah yang terjadi saat ini, game bukan monopoli anak kecil lagi.
Jika dahulu orang mungkin hanya mengenal GameWatch atau pun GameBoy, kini orang dapat memilih beragam media permainannya. Untuk bermain game, saat ini kita tinggal memilih, ingin memakai komputer desktop saja (PC) atau melalui laptop, atau dapat juga melalui perlengkapan game pabrikan seperti PlayStation atau Xbox. Bahkan saat ini PlayStation juga telah mengeluarkan perlengkapan game-nya tersebut dalam versi personal, yang disebut PSP. Dan akhirnya tiba pada game online yang telah mewabah di Indonesia.


Lalu sejauh mana kategori game berkembang? Kategorisasi game sendiri berkembang dengan sangat luas. Saat ini tersedia berbagai macam kategori game. Mulai dari kategori game balapan seperti MotoGP, F1, Need For Speed, Colin McRae Rally; kategori game pertarungan atau perang seperti Counter Strike, Sniper Elite, Black Hawk Down, Mercenaries; juga kategori game pertandingan olah raga seperti FIFA, Championship Manager, Football Manager, Winning Eleven, NBA, SreetBall; dan masih banyak kategori game lain yang juga beredar di pasaran. Semuanya dibuat untuk sedapat mungkin memanjakan selera konsumen, dalam hal ini adalah para gamers.
Dalam makalah ini akan dijabarkan perkembangan game pertama kali masuk di Indonesia sampai perkembangannya. Dimana game juga telah menjadi lahan basah bagi pelaku bisnis yang menanggap bahwa bisnis ini akan menguntungkan. Game menjadi sesuatu yang sangat diperlukan bagi siapa saja sesuai kebutuhannya, sehingga makalah ini menjadi menarik untuk disajikan.

Sejarah Game
Generasi game pertama muncul dari ATARI 2600 merupakan konsole game pertama yang sukses di masanya yang rilis pada oktober 1977, setelah itu dikenal dengan nama VCS (Video Computer System) setelah sukses pada generasi pertama ATARI tidak menyerah sampai disitu saja untuk memajukan dunia game elektronik pada generasi kedua muncullah atari 7800 konsol ini dirilis pada juni 1986 pada atari 7800 ini ada sedikit kemajuan dengan menambahkan joystik sehingga user dapat lebih mudah untuk memainkan konsole game ini namun pada masanya harga dari konsole game ini selangit yaitu $140.
Lalu setelah Atari 7800 ada NES Nintendo entertaintment System nah inilah konsole permainan pertama kali yang menggunakan 8 bit nah nintendo ini menghasilkan produk produk game yang lain daripada yang lain salah satu game yang compatible dengan NES ini adalah super mario bros. setelah NES laris manis dengan super marionya lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive sega mega drive ini merupakan generasi ke tiga dari dunia game sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988.
Kalau tadi nintendo dikenal dengan super mario brossnya sega juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan game sonic the hedhog, pada generasi ke empat dari sejarah game produksi game semakin menjamur dan berkembang pesat salah satu contoh pada generasi ke empat ini lahirlah playstation merupakan salah satu game konsole terlaris dan menurut saya terbaik di indonesia bahkan di dunia merupakan terobosan baru di dunia game dengan menggunakan 32 bit.
Generasi kelima playstation atau yang lebih akrab kita sebut PS semakin gencar melakukan produksi lainnya yang lebih mutakhir dengan mengeluarkan konsole game PS2 namun pada generasi ke lima ini sangat banyak sekali saingan saingan PS2 ,XBox, sega Saturn, Dreamcast, dari generasi kelima ini sudah mulai banyak perusahaan perusahaan yang memproduksi konsole game. Generasi sekarang, pada tahun ini sudah banyak sekali konsole game menjamur di dunia PS juga masih terus mengembangkan sistemnya dengan mengeluarkan PS3, Xbox juga mengeluarkan XBOX 360, lalu nintendo juga mengeluarkan WII.
Game terus berkembang sesuai dengan teknologi yang makin canggih sekarang ini. Dahulu kita hanya bisa bermain game dengan satu lawan berada pada satu tempat, namun sekarang telah berkembang dengan game yang bisa bermain dengan banyak orang dak tidak pada satu tempat. Yitu disebut dengan game online yang aat ini sangat marak di Indonesia. Tidak hanya untuk anak kecil orang dewasa juga menyukainya demi kepuasaan penikmat game.
Game Online
Masuknya Nexia Online di Indonesia untuk pertama kali 7 tahun yang lalu menjadi awal pertama kalinya game online masuk di Indonesia. Nexia, game online RPG keluaran BolehGame pertama di Indonesia muncul pada bulan Maret tahun 2001 dengan grafik sederhana berbasis 2D. Nexia hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup kecil, dan bahkan bisa dimainkan di Pentium 2, dengan grafik card 3D minimal. Game keluaran Nexus (Korea) ini juga mudah di-install pada komputer-komputer warnet yang kebanyakan memiliki spesifikasi 'yang penting bisa internet'. Memperkenalkan bermain game dan chat bersama pertama di Indonesia. Setelah itu muncul banyak game online di Indonesia seperti Redmoon, Laghaim, Rgnarok online, GunBound, Xian, dll.
Perkembangan game online di Indonesia tentunya tergantung pada teknologi. Seolah ingin semakin dapat terserap dengan baik oleh semua kalangan usia, game pun dibuat dengan berbagai tingkat kesulitan. Mulai dari level ‘Beginner’ sampai dengan ‘Advance’-pun dibuat untuk disesuaikan dengan tingkat kemahiran si pemain. Kalau sudah begini, maka game-pun mungkin juga sudah dapat dimainkan oleh balita hingga orang dewasa. Masing-masing telah dibuatkan porsi permainan mereka.
Masih tentang porsi permainan, tidak hanya tingkat kesulitan saja yang disediakan secara beragam. Tipe permainan sendiri juga disediakan secara beragam. Mulai dari ‘career’ atau yang bersifat karir personal, hingga yang bersifat kompetisi dimainkan dengan banyak kompetitor atau musuh juga ada. Dan yang semakin menarik lagi dari perkembangan game adalah sifat personalisasi. Entah itu dalam jenis game balapan, perang hingga sepakbola, setiap pemain dimungkinkan untuk mendandani mobil, atau mengatur siasat perang, atau juga menyusun team atau kesebelasan sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Hal yang sangat luar biasa, karena pemain diijinkan untuk mempersonalisasikan diri mereka dalam setiap game yang dimainkan. Hal ini semakin mendekatkan imajinasi pemain ke dalam bentuk real virtual sebuah game.
Pelaku Game Online (gamer)
Game sudah tidak lagi membatasi usia, siapa saja apabila telah merasakan ‘enjoy-nya’ bermain game sudah dapat dipastikan akan kecanduan. Kecanduan tersebut sudah dapat dkategorikan negatif, karena dengan game seseorang akan lupa waktu sehingga malas belajar, karena game seseorang akan mengalami pola makan yang tidak baik karena saking asiknya bermain game seseorang tidak memperhatikan apa yang dimakan yang penting praktis dan kenyang. Dan dengan game akan mempengaruhi kehidupannya dalam segala aspek.
Namun itu adalah pandangan negatif bagi seseorang yang tidak dapat mengontrol kebutuhannya akan game. Sebut saja Bella, gadis mungil yang duduk di bangku SMP kelas akhir ini merasa lebih pintar setelah bermain game. Prestasinya di Sekolah meningkat tiap semester sejak mengenal game online setahun lalu. Dia akan lebih bersemangat belajar setelah bermain game. Saat dia sedang badmood, pelarian pertamanya adalah bermain game online, setelahnya dia akan mendapat energi untuk melakukan aktiitasnya.
Dia mulai menyukai game dari temannya, menghabiskan Rp 200.000,00 untuk membeli aplikasi permainan ayo dance di Surya Megah.Net, game online favoritnya. Dari teman itulah dia mulai menyukai game online dan akhirnya kecanduan. Permainan yang seru dan selalu membuatnya penasaran ada faktor yang mmbuatnya mulai menyukai game online.
Selepas sekolah dia menuju Zhaisya Net, warnet langganannya. Menurutnya warnet itu murah, dan hampir semua pengunjung warnet adalah gamer-gamer yang hebat. Dia bisa menghabiskan sekitar 3-10 jam-an untuk bermain game online. Dalam game online ayo dance, dia memakai nama HY-HI dengan wajah happy, rambut panjang ikal, tubuh ideal dan berada pada level 41. Sebenarnya bukan hanya ayo dace saja, hampir semua permainan dia suka seperti idolstreet, ghost-x, luna, pw, point blank, dll. Sewaktu libur sekolah dia juga pernah tidur di warnet hanya untuk bermain game online.
Bisa dibilang dia adalah save player, dia hanya bermain, menikmati permainan, dan tentu saja berteman dengan sesama gamer. Dia bercerita jika punya teman yang sering menjual game online, dan harganya tidak murah. Bermain game online cukup mempengaruhi hidupnya. Mulai dari faktor ekonomi, dia menyisihkan uang sakunya demi memuaskan hobbynya, dan tentu saja agar tidak dimarahi orangtuanya. Faktor konsumsi, dia mengakui kalau dia tidak menjaga pola makannya, dan makan siang adalah korbannya, kadang dia hanya makan mie goreng yang disediakan di warnet tersebut. Karena bermain game online jugalah dia bertemu dengan laki-laki yang sudah ditaksirnya dari lama. Serta kadang dia memanfaatkan teman-teman chat-nya untuk sekedar minta dibelikan pulsa.
Dia juga pernah hampir mengikuti game online competition, namun karena dia ketiduran, dia gagal menghadiri kompetisi tersebut. Kompetisi biasanya dilakukan di warnet-warnet. Bella merupakan salah satu gamer yang mampu membagi waktunya antara hobby dengan sekolahnya, dia mampu menjadikan bermain game adalah sebagai pemompa energi belajarnya.
Sudah dapat dipastikan semua orang suka bermain game, tidak hanya anak kecil, yang orang dewasa pun mulai ketagihan. Namun setiap gamer harus pandai-pandai dalam bagaimana memposisikan game. Agar game tidak jadi alasan bahwa ketika prestasi akademik anda menurun. Karena telah ada contoh Bella gadis SMP itu mengaku bermain game membuatnya semakin pintar.
Namun dengan mewabahnya gamer menjadikan pelaku bisnis tanggap dalam mengangkap peluang. Hal itu wajar saja, dimana dalam bisnis adalah bagaimana mendapat keuntungan sebesar-besarnya. Dengan memberi layanan fasilitas yang lengkap, permainan yang uptodate menjadikan lahan bisnisnya senantiasa ‘basah’.
Kita tilik dari generasi pertama sampai generasi sekarang perkembangan game sangat cepat sekali berkembang, bahkan sekarang sedang dikembangkan game yang menggunakan kacamata khusus sehingga user dapat terhisap masuk kedalamnya,
coba kalian bayangkan 10 tahun lagi gimana yah perkembangan game di dunia??